Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu…
Mungkin sudah tidak asing bagi kita selaku orang islam untuk mengucapkan salam, baik dalam sebuah perkumpulan, saat berjumpa dengan teman, saat mengangkat telpon, bahkan dalam setiap kegiatan apapun, salam adalah doa yang pantas dan layak untuk disebarkan..
Salam adalah identitas seorang muslim dalam kehidupan sehari-hari. Dengan salam maka akan semakin erat jalinan silaturrahim serta kesatuan umat islam yang mulai rapuh saat ini.
 Rasulullah SAW bersabda dalam hadistnya:

يا أيها الناس أفشوا السلام و أطعموا الطعام و صلوا أرحام و صلّوا و الناس نيام تدخلوا الجنة بسلام
Artinya:
“Hai manusia sebarkan salam, berilah makan orang lain, hubungkanlah sanak keluarga, dan dirikanlah sholat ketika orang-orang sedang tidur, niscaya kamu akan masuk surga dengan salam (damai) HR. Tirmidzi.
Sungguh islam adalah agama yang indah, bahkan setiap jengkal kehidupan kita telah diatur dan diajarkan sedemikian rupa oleh Allah SWT dan RosulNYA demi tercapainya kehidupan yang damai, tentram, jauh dari kehinaan, permusuhan dan pertikaian.

Dalam hadist lainnya dinyatakan bahwa suatu ketika Rasulullah SAW ditanya oleh sahabat: “ Wahai Rasulullah. Ajaran Islam manakah yang terbaik?” Beliau lalu Menjawab, “ Memberi makan orang lain, mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal maupun yang tidak kamu kenal” (Muttafaq ‘alaih)
Sebenarnya sangat mudah pengucapan salam itu, namun tak sedikit dari kita sebagai muslim dan muslimah yang kurang dan belum menjadikan salam sebagai kebiasaan baik dalam kehidupannya. Yang masih enggan menyebarkan salam kecuali hanya kepada orang-orang yang kita anggap kenal.

Sebagai contoh; saat kita berjalan melalui kerumunan orang banyak, baik di pasar, di mall, di tempat hiburan, bahkan dipinggir jalan dan masih banyak lainnya. Pernahkan dan seringkah kita menyapa kepada sesama?? Seringkah kita membiasakan diri untuk selalu bershodakah dengan sekedar bermuka seri kepada orang lain?? Atau bahkan kita merasa tak tahu menahu, cuek, sok bodoh, emang gw pikirin, atau apalah istilahnya??

Jika demikian marilah kita merubah kebiasaan kita dengan senantiasa mengucapkan salam kepada sesama muslim, baik yang tua maupun muda, yang kaya maupun yang miskin, yang sedikit maupun yang berjumlah banyak, kapan dan dimanapun berada.

Rasulullah SAW bersabda dalam hadistnya:

إن أولى الناس بالله من بدأهم بالسلام. و قيل: يا رسول الله الرجلان يلتقيان أيهما يبدأ بالسلام؟ قال: أولاهما بالله تعالى. . رواه الترمذي

Orang yang paling dekat dengan Allah ialah yang memulai salam” Ada yang bertanya; “ Ya Rasulallah, ada dua orang yang bertemu, yang manakah yang memulai salam? Beliau menjawab; “ Orang yang paling dekat dengan Allah”  ( HR. Tirmidzi)

Semoga dapat memberi manfaat bagi kita semua.. dan bisa menjadi pelajaran berharga bagi muslimin dan muslimat.
Amin ya Rabbal alamin.



Post a Comment Disqus Blogger

Maklumat:

1. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bisa memberi manfaat

2. Silahkan baca artikel dan beri komentar dengan bahasa dan tutur kata yang baik

3. Semoga slalu dalam karunia Allah SWT

 
Top