Apakah dosa Zina diampuni?

Assalamu’alaikum ustadz, saya ingin bertanya:

1. Apakah dosa berzina itu diampuni?
2. Apakah dengan pembersihan diri ke jalan yang benar dan bertaubat dengan sungguh2 (amal sholeh, dhuha, tahajud, lima waktu dan bahkan iktikaf) dengan tujuan memohon ampun akan diterima?

Karena demi Allah saya benar-benar menyesali semuanya dikarenakan kelalaian akibat kurangnya ilmu agama waktu kecil dan saya takut semua pertaubatan itu tidak diterima. jadi kalo saya tahajud sering menangis karena ketakutan saya akan MURKA-NYA dan juga akan AZAB-NYA kelak..
Matur nuwun, sekali lagi terima kasih buat tambahan ilmunya. Wassalam

Yud*****@yahoo.com



Jawaban

Wasslamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Saudaraku yang dirahmati Allah Subhanahuwata’ala.
Ketahuilah bahwa perbuatan zina termasuk dosa yang dapat diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, berdasarkan firman-Nya dalam Surat An-Nisaa’, ayat ke-48 dan ke-116:

إِنَّ اللهَ لاَيَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَادُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَآءُ

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya…”
 

Ayat diatas menerangkan bahwa dosa-dosa apapun yang telah diperbuat entah itu dosa kecil atau dosa besar selama hal itu tidak menyekutukan-Nya, maka jika sang pelaku tersebut bertaubat dengan taubatan nasuha, niscaya akan diampuni oleh Allah Subhanahuwata’ala.

Selanjutnya jika orang yang telah terjerumus ke dalam perbuatan tercela ini jika dia bertaubat dengan taubatan nasuha, taubat yang benar yang diiringi dengan perbaikan diri dengan beramal shalih dengan berbagai macamnya, menyesalinya dan tidak ingin kembali melakukannya maka taubatnya ini akan dapat menghapuskan dosa atas idzin Allah. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW:
“التائب من الذنب كمن لا ذنب له”.
“Orang yang bertaubat dari perbuatan dosa seperti orang yang tidak memiliki dosa”. (HR. Ibnu Majah)

Allah Subhanahuwata’al juga berfirman dalam ayat lain:

“إلا من تاب وءامن وعمل عملا صالحا فأولئك يبدل الله سيئاتهم حسنات وكان الله غفورا رحيما. ومن تاب وعمل صالحا فإنه يتوب إلى الله متابا”.

“Kecuali orang-orang yang bertaubat dan beriman dan mengerjakan amal shalih; maka mereka itulah yang kejahatannya diganti Allah dengan kabaikan, dan Allah maha Pengampun lagi maha Penyayang. Dan barang siapa bertaubat dan beramal shalih maka seseungguhnya dia telah bertaubat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya “. (QS. Al-Furqan: 70-71)

Terakhir ketika dia sudah bertaubat dengan taubat yang sebenar-benarnya (taubatan Nasuha), maka dia juga harus menutupi dan jangan mengumbar atau berbangga diri dengan perbuatan hina tersebut. Cukuplah dia tutupi aibnya ini dan Allah akan menutupi aibnya tersebut.

Semoga Allah subhanahuwata’ala senantiasa menunjukkan kita kepada jalan yang diridhoi-Nya.

Dijawab oleh: Tim Solusi Islam

Post a Comment Disqus Blogger

  1. Asalamalaikum ustadz, bagaimana dengan dosa syirik yg pelakunya belum paham bahwa yang dilakukannya itu adalah syirik.. setelah dia mendapatkan pengetahuan tentang syirik bru dia sadar bahwa perbuatannya itu syirik. Apakah itu masih bisa di ampuni???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam, mungkin jawab ini akan membantu. Jika orang tersebut sudah bertaubat sebelum meninggal, maka dosa syiriknya diampuni. Tapi jika orang itu meninggal dalam keadaan syirik (meskipun pelakunya belum paham/sadar), dosanya tidak akan diampuni oleh Allah. Subhanallah. Sumber : (QS. An Nisa’: 48)& Dr. Zakir Naik. Semoga bermanfaat.

      Delete
  2. Assalamu'alaikum warahmatullahi wr.wb
    Pak saya mau bertanya,
    saya kelas 1 smk,, Jujur saja saya pernah melakukan Zina dengan tangan saya sendiri,kalau bahasa nya itu Aoni, apakah saya bertobat akan di ampuni Allah swt..
    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsala wr wb
      AALAH SWT telah berfirman dalam surat an nisaa ayat 48 sam ayat 116
      إِنَّ اللهَ لاَيَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَادُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَآءُ

      “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya…”

      berangkat dari ayat ini menunjukkan allah masih mengampuni dosa selain dosa syirik ...dengan catatan kita bertaubat ke pada ALLAH SWT dengan sebenar benar taubat (taubat nasuha).dan kita berjanji tidak akan mengulangi perbuatan dosa dan kita menyesali dosa yang telah kita perbuat.......insya allah ,dengan izin ALLAH ,ALLAH SWT akan mengampuni hambanya yang ingin benar benar bertaubat....karena ALLAH MAHA PENGAMPUN.....dan kita slalu melaksanakan amalan amalan sholeh..dengan niat untuk mencari ridho allah dan ampunan allah...

      demikian penjelasan dari saya wassalamualaikum wr.wb

      Delete
  3. @wisnu saya mencoba menjawab jika salah saya mohon maaf,, klo menurut saya insa allah bisa karena allah maha pemberi ampunan.. coba lakukan taubatan nasuha, dengan menyesali ,tidak mengulangi , menjalankan yang di perintah allah , perbanyak zikir.

    ReplyDelete
  4. "di jaman sekarang ini banyak sekali maksiat salah satunya perzinahan dan saya adalah salah satu orang yg turut dalam berzinah......saya akui ini "apakah hanya razam yg mampu mengapus dosa zinah klo memang razam obat penghapus apakah saya harus di razam...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Razam itu hukuman untuk pelaku zina yang belum bertaubat. Jika ada org yang melakukan zina, lalu kita mengetahuinya, hukuman untuk mereka yang tepat adalah Razam. Tapi tidak bagi mereka yang sudah sungguh2 bertaubat. Wallaahu'alam bishshawab

      Delete
    2. اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ
      saya akan bantu menjawab, mudah² an ini bukan kekeliruan yg menyesatkan, namun jika kurang tepat berarti itulah kelemahan saya sebagai manusia.
      بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
      hukuman rajam dilakukan atas pelaku zinah yg tertangkap basah melakukan ma'shiyat tsb. jika ia berzinah lalu menginsyafinya, hendaklah ia melakukan taubatannasuha, dan tdk perlu mengakuinya kpd hakim apalagi didengar orang banyak sebab itu merupakan aib sipelaku zinah yg tidak diketahui oleh manusia kecuali اَللّٰـــهُ سُبْحَانَهُٓ وَتَعَالَى
      nabi مُحَمَّدٌالرَّسُوْلُ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَاٰلِهِ وَسَلَّم pernah didatangi salah seseorang seraya berkata "wahai rasulullah, aku telah berbuat zinah, maka rajamlah aku agar dosa zinahku diampuni oleh اَللّٰـــهُ سُبْحَانَهُٓ وَتَعَالَى
      lalu nabi مُحَمَّدٌالرَّسُوْلُ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَاٰلِهِ وَسَلَّم menyuruh orang itu pergi dan melakukan taubatannasuha dan melakukan 'amal² shalih dg suara yg lirih agar tdk menjadi perhatian orang² yg ada disekelilingnya. intinya nabi مُحَمَّدٌالرَّسُوْلُ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَاٰلِهِ وَسَلَّم tdk ingin orang tsb mengumbar aibnya sendiri sehingga diketahui oleh orang lain, cukuplah ia pulang kerumah, tafakkur, bertaubat kepada اَللّٰـــهُ سُبْحَانَهُٓ وَتَعَالَى dan menutupi perbuatan tercela dg 'amal shalih.

      jika jawaban dari saya ada yg kurang, mohon dg segala hormat kpd ustaz untuk menambahkan.
      وَاللّٰهُ عَلَمْ❗

      Delete
  5. "di jaman sekarang ini banyak sekali maksiat salah satunya perzinahan dan saya adalah salah satu orang yg turut dalam berzinah......saya akui ini "apakah hanya razam yg mampu mengapus dosa zinah klo memang razam obat penghapus apakah saya harus di razam...?

    ReplyDelete
  6. saya sudah tobat namun masih kembali melakukannya,apakah dosa saya akan di ampuni oleh allah?saya juga malu dengan diri sendiri karna kadang saya menjadi org paling alim dan terkadang menjadi org terbejat saya menyesali semuanya

    ReplyDelete
  7. sampai saat ini ane juga masih terngiang ketika melakukan hal-hal yang dilarang agama pokoknya kita jalan terus menaburkan kebaikan, Allah selalu memberikan maaf kepada orang yang meminta maaf semoga senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT

    ReplyDelete
  8. Assalaamu'alaikum... saya mau tanya , saya adalah orang yang terlalu sering melakukan masturbasi, awalnya tidak ada efek samping yang saya rasakan, namun setelah bertahun tahun saya mulai merasakan seperti menjadi pelupa, malas, bahkan disaat libur kuliah yg panjang pun saya sangat malas untuk berlibur selain itu saya merasakan seperti tubuh saya kurang sejalan dengan otak saya. saat berkendara ataupun melakukan sesuatu seringkali saya kebingungan dan merasa sangat kehilangan konsentrasi. saya juga jadi sering mengulang-ulang pertanyaan dan menjadi sangat sulit menghafal nama. apakah ini dampak dari terlalu sering masturbasi? jika ya bagaimana mengatasinya. Terimakasih atas jawabannya

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum wr rb pak ustadz saya ingin bertanya.tetapi sebelumnya saya ingin menceritakan background saya. Saya adalah anak yatim yang ditinggal meninggal sejak tahun 2008 ibu saya awalnya penuh perhatian dan mengajarkan agama kepada saya seiring berjalannya waktu saya pun beranjak dewasa lalu ibu saya bertemu seorang pria dan menjalin kasih bersama suatu ketika saya menemui terdapat obrolan bahwa ibu saya telah melakukan hubungan intim dengan pria tersebut dan ibu saya semakin tidak mengurusi saya lagi karena sibuk dengan pria tersebut setiap saya pendekatan kepadanya selalu mucul perdebatan diantara saya dan ibu, menurut pak ustad sebagai anak bagaimana cara menanggapinya? Terimakasih

    ReplyDelete
  10. pak ustad saya mau tanya nih....kalau berzinah itu bisa di ampuni....apakah bisa di ampuni kalau kita tidak mendapat hukuman dulu seperti di dalam alquran surat an-nur ayat 2.....kalau bisa diampuni tanpa hukuman berarti surat an-nur itu dimaksudkan untuk apa ? terima kasih pak ustad

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum ya ustadz
    Bagaimana cara kita untuk bertaubat dengan sungguh sungguh (taubat nasuha) ? Dan Apakah dosa zina itu dapat di Ampuni Allah SWT ?

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum. Saya ingin bertanya. Apa hukumnya jika menutupi perbuatan zina keluarga sendiri? Dalam hal ini maksud kita adl menutupi aib keluarga dan hanya bisa mendoakan agar allah membukakan pintu hati mereka yg berzina. Apakah kita juga akan ikut berdosa atau sudah benar krn berusaha menutup aib? Terima kasih. Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  13. assalamu'alaikum ustad.. saya tanyak..
    klau orng tue sudah berbuat zina.. trus katanya tobat mulai sekarang... ttpi untuk beberapa hari dia berbuat zina lagi.. itu gimna ustad apa di ampuni dosanya thaa?

    ReplyDelete
  14. Ya Allah,semoga saya mendapat rahmat ampunanMu.. :( , sy sdh berbuat zina dg istri orang, bahkan membuahkan hasil seorang anak perempuan,saya sangat menyesal dan sangat ingin bertaubat disisa umur ini,smntara sy jg sdh berkeluarga,smntara dr pihak perempuan tetap menginginkan hubungan ini jln terus,bagaimana langkah yg hrs sy lakukan,krn sy jg ingin tali sillaturrahmi tetap terjaga dgnya sebatas sbg teman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya akhi,
      jangan ent umbar aib ent disini. cukup ent tafakkur, taubat kpd اَللّٰـــهُ سُبْحَانَهُٓ وَتَعَالَى dan perbanyak sibuk ber'amal shalih biar tdk dibayangi perbuatan zinah itu lagi.
      اَلحَمدُلِلّٰـــه jika ent insyaf, tapi jgn mengumbar aib sehingga orang lain tau.
      عَــفْـــوًا
      ent berzinah tdk ada yg liat kecuali اَللّٰـــهُ سُبْحَانَهُٓ وَتَعَالَى
      maka dari itu adukan semua dan bertaubatlah kepada-NYA.
      meski terkesan jujur dan menyesal, tapi ent tdk boleh mempublikasikan aib ent sendiri.
      اَللّٰـــهُ سُبْحَانَهُٓ وَتَعَالَى hanya akan mengampuni kita semua dg cara bertaubat dg sungguh².

      Delete
  15. Nah ini masalahnya kenapa Allah mengampuni orang yg berzina apalagi yg sudah bersuami-istri. Dia berzina terus bertobat, tobatnya diterima, trus masuk surga deh bareng sm ahli ibadah yg belum pernah berzina sm sekali. Adil?
    Dan pembelaan2 seperti ini yg membuat orang gampang berbuat dosa. "Ah Allah maha pengampun koq" mungkin itu yg dipikir si penzina. Klo ane sih lebih setuju kalo penzina muhson itu dihukum mati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SANGAT BENAR.
      ITU KENAPA PERGAULAN SEKARANG BANYAK ZINA.
      RIZKI MEREKA TIDAK KALAH DENGAN YG TIDAK ZINA.
      DERAJAD ORANG ZINA YANG TAUBAT SAMA DENGAN DERAJAD YG TIDAK PERNAH ZINA DIHADAPAN ALLAH.
      ALLAH MAHA PENGAMPUN DOSA SELAIN SYIRIK.
      “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya…”

      Orang yang bertaubat dari perbuatan dosa seperti orang yang tidak memiliki dosa”. (HR. Ibnu Majah)

      Delete
    2. BERZINA SELAGI BISA TAUBAT

      Delete
  16. Assalamualaikum,, q mau tanya klu q slalu berhubungan sex dgn pacar-pacar q sblumnya.. lalu taubat,,, tp q berbuat zina lagi dgn lelaki lain krn dorongan sex q sgt kuat,,,, bgmna solusiny utk q ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُاللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

      kamu tau kamu sadar sering berzinah.
      kamu tau kamu sadar itu dosa besar.
      kamu tau kamu sadar setelah taubat lantas berzinah lagi.

      tapi kamu tdk tau dan kamu tdk sadar bahwa kamu telah menjadi orang yg kufur, yaitu orang yg sudah diberi petunjuk akan kebenaran yaitu alqur-anulkarim namun berpaling darinya.

      kamu tdk tau kamu tdk sadar setiap hari malaikat maut pencabut nyawa menghampirimu sebanyak 70 x

      kamu tdk tau kamu tdk sadar disaat kamu berzinah dan mempermainkan kesucian taubat kepada اَللّٰـــهُ سُبْحَانَهُٓ وَتَعَالَى lantas kamu dimatikan dalam keadaan su-ulkhatimah (mati tatkala kamu sedang asik berzinah).

      Delete
  17. Enak banget ya. Zina gampang taubat. Padahal dampaknya ke orang lain

    ReplyDelete
  18. Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka

    ReplyDelete
  19. ZINA GPP YG PENTING TAUBAT.
    TOH DERAJAD DAN RIZKI PEZINA TIDAK KALAH DGN YG TIDAK ZINA.
    ALLAH MAHA PENGAMPUN DOSA SELAIN SYIRIK

    ReplyDelete
  20. DI SHARE (COPAS) YG BANYAK. AGAR SEMUA PEZINA DIAMPUNI

    ReplyDelete
  21. asssalamu'alaikum ustadz..
    sya mau brtanya..jika kita memang melakukan dosa zina trs berniat dalam hati untuk melakukan taubat nasuha.dan tidak mengulanginya lagi terus bagaimana dengan isteri atau calon isteri kita kelak ustadz apakah memang harus tahu atau memberi tahu atau kita harus menyimpannya aib kita sendiri itu ustad.terimakasih atas ilmunya.
    wassalamu'alaikum..

    ReplyDelete
  22. Sy pernah buat zina
    Gmn cara mudah di ampun kan

    ReplyDelete

Maklumat:

1. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bisa memberi manfaat

2. Silahkan baca artikel dan beri komentar dengan bahasa dan tutur kata yang baik

3. Semoga slalu dalam karunia Allah SWT

 
Top