Nama beliau adalah Ja’far bin Tsa’lab bin
Ja’far bin Ali bin Muthahhar bin Naufal Al Adfawi. Kelahiran dan wafatnya
beliau : Dilahirkan pada pertengahan bulan Sya’ban tahun 685 H. Wafat tahun 748 H di
Kairo. Biografi beliau dimuat oleh Al Hafidz di dalam kitab Ad
Durarul Kaminah, biografi nomor 1452. Imam Ibnu
Rajab menyatakan bahwa Syeikh Abdul Qadir Al Jailani lahir pada tahun
490/471 H di kota Jailan atau disebut juga dengan Kailan. Sehingga
diakhir nama beliau ditambahkan kata Al Jailani atau Al Kailani atau juga Al
Jiliy. (Biaografi beliau dimuat dalam Kitab Adz Dzail ‘Ala Thabaqil Hanabilah
I/301-390, nomor 134, karya Imam Ibnu Rajab Al Hambali. Buku ini belum
diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia).Beliau wafat pada hari
Sabtu malam, setelah maghrib, pada tanggal 9 Rabi’ul Akhir tahun 561 H di
daerah Babul Azaj.
Masa muda
beliau :
Beliau meninggalkan tanah kelahiran, dan merantau ke Baghdad pada saat beliau masih muda. Di Baghdad belajar kepada beberapa orang ulama’ seperti Ibnu Aqil, Abul Khatthat, Abul Husein Al Farra’ dan juga Abu Sa’ad Al Muharrimi. Beliau belajar sehingga mampu menguasai ilmu-ilmu ushul dan juga perbedaan-perbedaan pendapat para ulama’. Suatu ketika Abu Sa’ad Al Mukharrimi membangun sekolah kecil-kecilan di daerah yang bernama Babul Azaj. Pengelolaan sekolah ini diserahkan sepenuhnya kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani. Beliau mengelola sekolah ini dengan sungguh-sungguh. Bermukim disana sambil memberikan nasehat kepada orang-orang yang ada tersebut. Banyak sudah orang yang bertaubat demi mendengar nasehat beliau. Banyak orang yang bersimpati kepada beliau, lalu datang ke sekolah beliau. Sehingga sekolah itu tidak kuat menampungnya. Maka, diadakan perluasan.
Murid-murid
beliau :
Murid-murid beliau banyak yang menjadi ulama’ terkenal. Seperti Al Hafidz Abdul Ghani yang menyusun kitab Umdatul Ahkam Fi Kalami Khairil Anam. Juga Syeikh Qudamah penyusun kitab figh terkenal Al Mughni.
Perkataan
ulama tentang beliau :
Syeikh Ibnu Qudamah rahimahullah ketika ditanya tentang Syeikh Abdul Qadir, beliau menjawab, ” kami sempat berjumpa dengan beliau di akhir masa kehidupannya. Beliau menempatkan kami di sekolahnya. Beliau sangat perhatian terhadap kami. Kadang beliau mengutus putra beliau yang bernama Yahya untuk menyalakan lampu buat kami. Beliau senantiasa menjadi imam dalam shalat fardhu.” Syeikh Ibnu Qudamah sempat tinggal bersama beliau selama satu bulan sembilan hari. Kesempatan ini digunakan untuk belajar kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani sampai beliau meninggal dunia. (Siyar A’lamin Nubala XX/442).
Beliau adalah seorang ‘alim. Beraqidah Ahlu
Sunnah, mengikuti jalan Salafush Shalih. Dikenal banyak memiliki
karamah-karamah. Tetapi banyak (pula) orang yang membuat-buat kedustaan atas
nama beliau. Kedustaan itu baik berupa kisah-kisah, perkataan-perkataan,
ajaran-ajaran, “thariqah” yang berbeda dengan
jalan Rasulullah, para sahabatnya, dan lainnya. Diantaranya dapat diketahui
dari perkataan Imam Ibnu Rajab, ” Syeikh Abdul
Qadir Al Jailani adalah seorang yang diagungkan pada masanya. Diagungkan oleh
banyak para syeikh, baik ‘ulama dan para ahli zuhud. Beliau banyak memiliki
keutamaan dan karamah.
Tetapi ada seorang yang bernama Al Muqri’ Abul
Hasan Asy Syathnufi Al Mishri (Nama lengkapnya adalah Ali Ibnu Yusuf bin Jarir
Al Lakh-mi Asy Syath-Nufi. Lahir di Kairo tahun 640 H, meninggal tahun 713 H.
Dia dituduh berdusta dan tidak bertemu dengan Syeikh Abdul Qadir Al J ailani)
mengumpulkan kisah-kisah dan keutamaan-keutamaan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani
dalam tiga jilid kitab. Dia telah menulis perkara-perkara yang aneh dan besar
(kebohongannya ). Cukuplah seorang itu berdusta, jika dia menceritakan yang dia
dengar”. Imam Ibnu Rajab bekata : ” Aku telah melihat sebagian kitab ini,
tetapi hatiku tidak tentram untuk berpegang dengannya, sehingga aku tidak
meriwayatkan apa yang ada di dalamnya. Kecuali kisah-kisah yang telah mansyhur
dan terkenal dari selain kitab ini. Karena kitab ini banyak berisi riwayat dari
orang-orang yang tidak dikenal. Juga terdapat perkara-perkara yang jauh (dari
agama dan akal ), kesesatan-kesesatan, dakwaan-dakwaan dan perkataan yang batil
tidak berbatas. (Seperti kisah Syeikh Abdul Qadir menghidupkan ayam yang telah
mati, dan sebagainya.) semua itu tidak pantas dinisbatkan kepada Syeikh Abdul
Qadir Al Jailani rahimahullah. Kemudian aku dapatkan bahwa Al Kamal Ja’far Al
Adfwi (Nama lengkapnya ialah Ja’far bin Tsa’lab bin Ja’far bin Ali bin
Muthahhar bin Naufal Al Adfawi. Seoarang ‘ulama bermadzhab Syafi’i. Dilahirkan
pada pertengahan bulan Sya’ban tahun 685 H. Wafat tahun 748 H di Kairo.
Biografi beliau dimuat oleh Al Hafidz di dalam kitan Ad Durarul Kaminah,
biografi nomor 1452.) telah menyebutkan, bahwa Asy Syath-nufi sendiri tertuduh
berdusta atas kisah-kisah yang diriwayatkannya dalam kitab ini.”(Dinukil dari
kitab At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul
Qadir bin Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415
H / 8 April 1995 M.). Imam Ibnu Rajab juga berkata, ”
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani rahimahullah memiliki yang bagus dalam masalah
tauhid, sifat-sifat Allah, takdir, dan ilmu-ilmu ma’rifat yang sesuai dengan
sunnah. Beliau memiliki kitab Al Ghunyah Li Thalibi Thariqil Haq, kitab yang
terkenal.
Beliau juga mempunyai kitab Futuhul
Ghaib. Murid-muridnya mengumpulkan perkara-perkara yang
berkaitan dengan nasehat dari majelis-majelis beliau. Dalam masalah-masalah
sifat, takdir dan lainnya, ia berpegang dengan sunnah. Beliau membantah dengan
keras terhadap orang-orang yang menyelisihi sunnah .” Syeikh Abdul Qadir Al
Jailani menyatakan dalam kitabnya, Al Ghunyah, ” Dia ( Allah ) di arah atas,
berada diatas ‘arsyNya, meliputi seluruh kerajaanNya. IlmuNya meliputi segala sesuatu.”
Kemudian beliau menyebutkan ayat-ayat dan hadist-hadist, lalu berkata ”
Sepantasnya menetapkan sifat istiwa’ ( Allah berada diatas ‘arsyNya ) tanpa
takwil ( menyimpangkan kepada makna lain ). Dan hal itu merupakan istiwa’ dzat
Allah diatas arsys.” (At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal.
515). Ali bin Idris pernah bertanya kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani, ”
Wahai tuanku, apakah Allah memiliki wali (kekasih) yang tidak berada di atas
aqidah ( Imam ) Ahmad bin Hambal?” Maka beliau menjawab, ” Tidak pernah ada dan
tidak akan ada.”( At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 516).
Perkataan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani tersebut
juga dinukilkan oleh Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitab Al Istiqamah
I/86. Semua itu menunjukkan kelurusan aqidahnya dan penghormatan beliau
terhadap manhaj Salaf. Sam’ani berkata, ” Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah
penduduk kota Jailan. Beliau seorang Imam bermadzhab Hambali. Menjadi guru
besar madzhab ini pada masa hidup beliau.” Imam Adz Dzahabi menyebutkan
biografi Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam Siyar A’lamin Nubala, dan
menukilkan perkataan Syeikh sebagai berikut,”Lebih dari lima ratus orang masuk
Islam lewat tanganku, dan lebih dari seratus ribu orang telah bertaubat.”
Imam Adz Dzahabi menukilkan perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan Syeikh
Abdul Qadir yang aneh-aneh sehingga memberikan kesan seakan-akan bekiau
mengetahui hal-hal yang ghaib. Kemudian mengakhiri perkataan, “Intinya Syeikh
Abdul Qadir memiliki kedudukan yang agung. Tetapi terdapat kritikan-kritikan
terhadap sebagian perkataannya dan Allah menjanjikan (ampunan atas
kesalahan-kesalahan orang beriman ). Namun sebagian perkataannya merupakan
kedustaan atas nama beliau.”( Siyar XX/451 ). Imam Adz Dzahabi juga
berkata, ” Tidak ada seorangpun para kibar masyasyeikh yang riwayat hidup dan
karamahnya lebih banyak kisah hikayat, selain Syeikh Abdul Qadir Al Jailani,
dan banyak diantara riwayat-riwayat itu yang tidak benar bahkan ada yang
mustahil terjadi “.
Syeikh Rabi’ bin Hadi Al Madkhali berkata dalam
kitabnya, Al Haddul Fashil, hal.136, ”
Aku telah mendapatkan aqidah beliau ( Syeikh Abdul Qadir Al Jailani ) didalam
kitabnya yang bernama Al Ghunyah. (Lihat kitab Al-Ghunyah I/83-94) Maka aku
mengetahui bahwa dia sebagai seorang Salafi. Beliau menetapkan nama-nama dan
sifat-sifat Allah dan aqidah-aqidah lainnya di atas manhaj Salaf. Beliau juga
membantah kelompok-kelompok Syi’ah, Rafidhah, Jahmiyyah, Jabariyyah, Salimiyah,
dan kelompok lainnya dengan manhaj Salaf.” (At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat
Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul Qadir bin Habibullah As Sindi, Penerbit
Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415 H / 8 April 1995 M.). Inilah tentang
beliau secara ringkas. Seorang ‘alim Salafi, Sunni, t etapi banyak orang yang menyanjung
dan membuat kedustaan atas nama beliau. Sedangkan beliau berlepas diri dari
semua kebohongan itu. Wallahu a’lam bishshawwab.
Kesimpulannya:
beliau adalah seorang ‘ulama besar. Apabila sekarang ini banyak kaum muslimin
menyanjung-nyanjungnya dan mencintainya, maka suatu kewajaran. Bahkan suatu
keharusan. Akan tetapi kalau meninggi-ninggikan derajat beliau di atas
Rasulullah shollallahu’alaihi wasalam, maka hal ini merupakan kekeliruan.
Karena Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasalam adalah rasul yang paling mulia
diantara para nabi dan rasul. Derajatnya tidak akan terkalahkan disisi Allah
oleh manusia manapun.
Adapun sebagian kaum muslimin yang menjadikan
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani sebagai wasilah ( perantara ) dalam do’a mereka.
Berkeyakinan bahwa do’a seseorang tidak akan dikabulkan oleh Allah, kecuali
dengan perantaranya. Ini juga merupakan kesesatan. Menjadikan orang yang
meningal sebagai perantara, maka tidak ada syari’atnya dan ini diharamkan.
Apalagi kalau ada orang yang berdo’a kepada beliau. Ini adalah sebuah
kesyirikan besar. Sebab do’a merupakan salah satu bentuk ibadah yang tidak
diberikan kepada selain Allah. Allah melarang mahluknya berdo’a kepada selain
Allah,
Dan sesungguhnya mesjid-mesjid itu adalah
kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorang pun di dalamnya
disamping (menyembah) Allah.(QS. Al-Jin : 18)
Jadi sudah menjadi keharusan bagi setiap muslim
untuk memperlakukan para ‘ulama dengan sebaik mungkin, namun tetap dalam
batas-batas yang telah ditetapkan syari’ah. Akhirnya mudah-mudahan Allah
senantiasa memberikan petunjuk kepada kita sehingga tidak tersesat dalam
kehidupan yang penuh dengan fitnah ini.
Wallahu a’lam bishshawab
Wallahu a’lam bishshawab
[Sumber : Majalah Assunnah Edisi 07/Tahun
VI/1423H/2002M]