Bismillah, mungkin para pembaca akan bertanya-tanya kenapa seorang mukmin kok unik, ajaib, aneh dan mengherankan. Disini akan kita bahas bersama satu hadits dari Rasulullah SAW, tentang perkara-perkara yang membuat seseorang, khususnya seorang mukmin bisa dikatakan aneh bin heran bin ajaib.
Rasulullah SAW bersabda dalam salah satu haditsnya:


عجبا لأمر المؤمن إن أمره كله خير ، وليس ذاك لأحد إلا للمؤمن ؛ إن أصابته سرّاء شكر ؛ فكان خيراً له ، وإن أصابته ضرّاء صبر ؛ فكان خيراً له . رواه مسلم



Sungguh mengherankan perkara seorang mukmin itu, sesungguhnya semua perkaranya itu baik baginya, dan itu tidak dimiliki oleh siapapun kecuali hanya untuk orang mukmin. Jika seorang mukmin itu mendapat kesenangan lalu kemudian dia bersyukur (hanya kepada Allah) niscaya ia akan mendapatkan kebaikan baginya. Dan jika dia ditimpa musibah lalu bersabar, maka itu juga sebuah kebaikan baginya. (HR. Mus.lim)


Dalam hadist tersebut Rasulullah SAW menyatakan akan keheranan yang terdapat dalam perkara-perkara seorang mukmin. Beliau SAW menerangkan kepada kita akan pentingnya bersyukur baik ketika dalam keadaaan bahagia dan penuh dengan nikmat ataupun sebaliknya. Sebab perbuatan tersebut akan mendatangkan kebaikan kepada kita. Tak jarang kita menemukan beberapa orang yang hanya bersyukur dan ingat kepada Allah SWT ketika ditimpa kesusahan semata, dan ketika bahagia dan senang, tak ayal lagi mereka lupa dengan rezeki yang dia dapat itu tak lain hanya pemberian dari Allah Azza wa Jalla.


Begitu juga disaat kita sedang sedih dan duka, saat ditimpa musibah dan cobaan, kita  diharuskan untuk sabar menghadapinya, sebab jika kita sabar disaat ujian dan musibah melanda, maka itu akan mendatangkan kebaikan pula kepada kita.
Bukankah sangat unik dan ajaib perkara tersebut? baik dalam keadaan senang maupun susah, seorang mukmin akan selalu mendapatkan kebaikan dan pahala dari yang dia alami. subhanallah... Dan itu hanya teruntukkan bagi kita semua, yang beriman kepada-NYA. 


Rasulullah bersabda dalam hadits lainnya


إن عظم الجزاء مع عظم البلاء، وإن الله إذا أحب قوماً ابتلاهم، فمن رضي فله الرضا، ومن سخط فله السخط


“Sesungguhnya besarnya pahala seseorang itu tergantung besarnya ujian yang ia terima, dan sesungguhnya Allah SWT apabila mencintai sebuah kaum, maka kaum tersebut akan diuji oleh Allah SWT, barangsiapa yang ridho dengan ujian serta cobaan tersebut, maka baginya pahala yang besar disisi Allah, akan tetapi jika dia marah atau benci (tidak ridho) dengan ujian tersebut, maka dia hanya akan mendapat murka dari Allah SWT.




Sekali lagi. kebaikan yang ada dalam dua hal tersebut hanya diperuntukkan bagi kita selaku orang yang beriman kepada Allah SWT, sedang mereka yang kufur, mereka tidak mendapatkan pahala kecuali hanya apa yang telah Allah takdirkan kepada mereka di dunia, sedang di akhirat, semua yang mereka usahakan hanya akan sia-sia semata, tidak ada satu amalpun yang mereka banggakan saat hidup di dunia itu bisa menolong dan menyelamatkannya. (Baca Al Quran surat Ali Imran 19 dan 85)


Kesimpulan dari bahasan diatas:

- Barangsiapa yang telah diberi (berupa kenikmatan rezeki dan kebahagiaan, dst) maka wajib bersyukur
- Jika kita ditimpa sebuah musibah dan ujian/cobaan lainnya, maka wajib sabar dalam menghadapinya
- Allah akan menguji hamba-NYA jika Dia mencintai hamba tersebut, maka bersyukurlah bagi kita yang diuji, karena sebenarnya Allah telah mencintai kita dengan ujian tersebut.
- Semakin besar ujian yang kita terima, semakin besar pula pahala yang akan kita terima (jika sabar dalam menghadapinya)
- Kebahagiaan dunia dan akhirat hanya diperuntukkan bagi mereka yang beriman kepada Allah SWT dengan melaksanakan semua perintahNYA dalam Al Quran dan Sunah.

Afwan, Jika ini bermanfaat,maka silahkan sebar artikel ini untuk sahabat antum semua. Berbagi dan berperan dalam kesabaran dan kebaikan itu adalah kebaikan. Syukron jazilan.

---------------------------------
Ditulis oleh Ustadz Abu Syauqie al Mujaddid (Dewan Pembina Solusi Islam)
Bagi yang ingin bertanya silahkan klik disini 
Artikel : www.solusiislam.com
------------------------------------

Post a Comment Disqus Blogger

  1. alhamduliLLAH
    artikel di atas sangat bermanfaat
    jazakumuLLOH khoiron

    ReplyDelete

Maklumat:

1. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bisa memberi manfaat

2. Silahkan baca artikel dan beri komentar dengan bahasa dan tutur kata yang baik

3. Semoga slalu dalam karunia Allah SWT

 
Top