Ketika doa kita belum terjawab oleh Allah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Beberapa tahun lalu saya berlumur dosa..lalu bertaubat nasuha, dan hampir tiap malam melakukan qiyaumul lail. bahkan dua tahun terakhir di akhir ramadhan selalu beriktikaf memohon ampunan (sholat tobat, hajat bahkan sholat tasbih) dan juga beramal sholeh. pertanyaannya

1. Kenapa Allah tidak juga menjawab doa-doa saya?
2. Apakah ini ujian keimanan dari Allah untuk menghapus dosa dosa saya? karena ada sedikit rasa frustasi ketika tidak juga ada jawaban dari Allah. mohon petunjuk. Wassalam.

Dari: yudi******@yahoo.com


Jawaban:

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Akhi yang dirahmati Allah, kita dituntut untuk terus bermunajat dan memohon segala bantuan dan pertolongan hanya kepada Allah Subhanahuwata’ala. Dan alhamdulillah apa yang anda lakukan sudah tepat dan benar, untuk selalu berdoa dan meminta pertolongan Hanya dari-Nya semata.

Dan dalam berdoa, Sebagai hambaNya, kita hanya perlu keyakinan sekaligus kesabaran kelak doa itu akan dikabulkan. Dan, jangan pernah lelah untuk selalu memanjatkan doa. Sebab kelak ketika semua doa itu dikabulkan, maka semua permintaan kita akan mengalir deras bagaikan air hujan.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah sallallahu’alaihi wasallam bersabda;

“Doa salah seorang dari kalian akan dikabulkan selagi ia tidak buru-buru. (Yakni jika) ia berkata, ‘Aku telah berdoa kepada Tuhanku, tapi doaku tidak dikabulkan’.” (HR Al-Bukhari).
Dalam lafazh Muslim disebutkan: “Ditanyakan, ‘Wahai Rasulullah, apa yang dimaksud dengan minta agar doa segera dikabulkan?’ Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, ’(Yakni) hamba itu berkata, ‘Aku berdoa dan berdoa, tapi doaku tidak dikabulkan’.” (HR Muslim)

Kita semestinya menyadari bahwa ada banyak sebab mengapa sebuah doa tidak segera dikabulkan oleh Allah.
Kita juga hendaknya paham bahwa hikmah besar pasti selalu ada di balik tidak atau belum dikabulkannya doa dalam waktu cepat.

Silahkan baca artikel tentang kiat doa agar segera dikabulkan:

Akhi karim, ingatlah selalu bahwa Allah mendengar segala permintaan kita. Apa saja yang kita minta pasti akan didengarNya. Dan orang-orang Islam apabila berdoa insya Allah akan dikabulkan oleh Allah, apalagi kalau orang itu beriman dan melakukan banyak amal soleh. Akan tetapi sudah menjadi sunnatullah, bahwa ada doa yang Allah kabulkan dengan cepat, ada doa yang Allah tidak kabulkan dan ada doa yang Allah simpan untuk hari Qiamat nanti atau untuk mengganti kesusahan yang akan mengenai diri kita.  Dalam sebuah hadist riwayat imam Ahmad dari Abu Said al-Khudri Rasulullah s.a.w. bersabda:
" ما من مسلم يدعو الله عز وجل بدعوة ليس فيها إثم ولا قطيعة رحم إلا أعطاه الله بها إحدى ثلاث خصال إما أن يعجل له دعوته وإما أن يدخرها له في الأخرى وإما أن يصرف عنه من السوء مثلها "
"Tidak ada orang muslim yang berdoa meminta kepada Allah s.w.t. dengan doa, dimana didalamnya tidak ada dosa dan ia tidak memutuskan tali silaturrahmi, kecuali Allah akan memberinya antara tiga perkara: pertama Allah menangguhkan permintannya untuk yang akan datang; kedua: Allah menyimpannya untuk kesempatan lain, dan; ketiga: Allah mengalihkan darinya kejelekan dan malapetaka yang mirip dengan permintannya
Akhir kata, janganlah kita merasa putus asa dengan semua doa-doa kita, yakinlah bahwa apa yang telah kita minta kepada Allah itu tidak akan pernah sia-sia, selama hal tersebut baik bagi kita. Sabarlah selalu dalam menanti pertolongan Allah, dan jangan sampai kita lalai dan pasrah dengan ketetapan dariNya.

Allah Subhanahuwata’ala berfirman:

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَ‌فُوا عَلَىٰ أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِن رَّ‌حْمَةِ اللَّـهِ ۚ إِنَّ اللَّـهَ يَغْفِرُ‌ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ‌ الرَّ‌حِيمُ ﴿٥٣
Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Az Zumar 53)

Dijawab oleh: Ustadz Abu Mujaddid

Post a Comment Disqus Blogger

  1. subhanallah, jawaban yang menakjubkan, saya banyak mendapatkan ilmu dari jawaban ustadz, semoga berkah ustadz

    ReplyDelete
  2. Ya terus kapan doa kita di kabulkan,sementara tagihan" pembayaran tagihan listrik,pajak motor semua butuh uang gimana bisa membayar itu semua kalo hanya minta pekerjaan tidak di kabulkan.Sementara orang yang jarang ibadah,rejeki lancar,doa di kabulkan,enteng jodoh.Apa semua itu,semacam guyonan kah??.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerika semua kebutuhan dan keadaan mendesak kita saat itulah setan muncul dengan puisi untuk menjauhiNya. ada seorang artis yg murtad dalam ceramahnya di gereja dia mengakui ketika keadaan menghimpit dan terjepit kbutuhan dia meragukan kebesaran Alloh hingga akhirnya dia meminta pd selain Alloh.
      bahkan saya pun haPir demikian tabpi saya yakin akan ada aebuah hikmah dari belum di nerikanya doa saya dari alloh

      Delete
  3. salam...
    jujur...saat ini dan detik ini saya sedang merasakan hal yg sama dengan pertanyaan di atas, bahkan saya tidak tau harus berbuat apalagi, segala macam cara sudah saya lakukan dari tahajud, dhuha dan sedekah tapi doa saya blm dikabulkan bahkan sampe susu anak saya pada hisapan terakhir doa saya blm dikabulkan alloh. bahkan saya sampe menangis ketika kemarin saya tidak mampu membelikan susu putri saya krn dagangan saya sepi sekali.hampir putus asa dan bertanya apakah dosa saya tak terampuni lgi hingga doa saya di beri rizki untuk membeli susu putri saya pun tidak bisa.
    tapi.....didalam kata alloh kta tdak boleh putus asa, akhirnya saya bersimpuh dan memohon ampun telah meragukan kebesaranNya.

    ReplyDelete
  4. 😭😭😭😭😭😭
    Sudah tidak bisa bicara sekatapun bingun, mau gImana, pekerjaan mulai dari 2thun selepas kuliah tahun 2012 sampai sekarang, saya belum diberikan kelapangan, kalau boleh jujur, perkataan saya ini mungkin di anggap sudah melampayi batas, itulah sebab sya jadi manusia biasa,yg pasti punya rasa lelah,letih,jenuh,dan segalamacam nya. Tidak seperti rasullALLAH yg mampu bertemu dan berintraksi kepada jibril, bahkan dengan ALLAH tentang apapun yg ingun di pertanyakan,terlebih urusan ummat. Bagaimana mungkin seorang rasul bsa berputus asa ??
    Bedanya dengan saya khusnya manusia biasa, bingung seakan pikiran ini sudah kosong, kenapa sampai saat ini ALLAH TUHAN SEMESTA ALAM belum menjawab doa saya, padahal ALLAH berfirman, berdoalah padaKU niscaya akan aku kabulkan. Dan perbuatan apa yg telah saya lakukan sampai sperti ini, Apakah dosa saya melampaui batas ? Haruskah saya sebar keseluruh dunia kalau saya ahli ibadah. Asstaghfirullaah..... ya ALLAH .. anak dan istriku kelaparan ya ALLAH... anak dan istriku butuh makan ya ALLAH ... 😭😭😭
    KAPAN KAU KABULKAN DOA KAMI YG MENGALAMI HAL YG SAMA INI YA ALLAH.... kenapa org yg hidupnya berlumur dosa kau malah mudahkan jalannya, kau berikan kehidupan yg baik.. apa salah kami ya ALLAH.... apakah ini mungkin balasanMU ya ALLAH.. kontrakan 2 bulan belum dibayar,,, #seakanmenyesaltelahmenikah 😭😭

    ReplyDelete
  5. Kehidupan saya juga rumit sekali, dari rejeki, jodoh, keluarga. Berdoa, sedekah, usaha lahir dan batin, pokoknya semuanya sudah dilakukan. Tp entah kenapa bbrp tahun belakangan malah semakin ruwet.

    ReplyDelete
  6. Saya pun sama godaan besar dari harta jabatan anak pun meninggal diumur 8 bln....kenapa seperti ini disaat kita sudah mau berbuat baik....sampai sekarang saya memikirkan mana dari kata adil masa org gak pernah beramal rezekinya lancar....gak adil

    ReplyDelete
  7. Apa yg di rasakan kalian sama dgn saya . mulai dari rezeki keuangan (pekerjaan) dan jodoh semua seakan tertutup. udah 4 tahun saya jomblo , dan udah setahun saya nganggur . lalu saya mencoba untuk shalat 5 waktu , shalat tahajud , shalat dhuha,beramal dll. saya lakukan itu secara continue , namun tidak ada hasil apa2. seakan akan tuhan saya bungkam , tidak menjawab doa saya. bahkan saya membandingkan dgn teman2 saya , mereka yg jarang shalat atau ibadah . saya melihat hidup mereka bahagia sekali . bisa jalan2 keluar negri,punya pacar, bahkan ada yg nikah, ngeliat kebahagiaan mereka . seakan akan saya sirik sekali kpd mereka. saya sedihh knp allah membiarkan saya . haruskah saya seperti mereka jarang ibadah agar bisa bahagia seperti mereka juga ? yaa allah knp kau diam. saya hny manusia biasa bukan rasul yg bisa bicara langsung kepadamu. saya gak tau harus berbuat apa. saya merasa lelah . knp yaa allah ? knp berdoa kpdmu,meminta kpdmu susah sekali? harus berliku liku? .... tolong ustad jawab pertanyaan saya. coz saya sudah meminta jawaban dari allah tapi blm ada jawaban. mungkin pelantara dari ustad bisa memberikan jawaban. trimzz.

    ReplyDelete

Maklumat:

1. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bisa memberi manfaat

2. Silahkan baca artikel dan beri komentar dengan bahasa dan tutur kata yang baik

3. Semoga slalu dalam karunia Allah SWT

 
Top