Berbicara masalah haji dan umrah, tentu tidak lepas dari berbagai macam doa-doa yang akan dibaca saat pelaksanaan ibadah tersebut. Mungkin bagi mereka yang telah faham, mengerti dan hafal dengan ritual doa ibadah haji dan umrah tidak akan menemukan kesulitan, namun bagi masyarakat Indonesia yang masih awam, doa-doa yang dipanjatkan selama melaksanakan haji dan umrah masihlah sangat sulit dan susah untuk dihafalkan.

Tak jarang kita melihat para jama’ah haji dan umrah yang telah jauh-jauh hari menghafalkan berbagai macam doa-doa, ada juga yang tidak mampu menghafal namun mereka senantiasa membawa buku saku serta digantungkan di leher, sehingga kadang tidak sedikit dari mereka yang terlalu focus dengan apa yang dia gantungkan lalu merepotkan bagi diri sendiri. Dan adapula jama’ah yang tidak menghafal, tidak pula membawa buku panduan yang digantungkan, tapi mengikuti ustadz pendamping disetiap bacaan dan doa yang dipanjatkan dengan berirama. Namun, lagi-lagi hal tersebut kadang malah mengganggu jama’ah lainnya yang menginginkan kekhusukan dalam menjalankan ibadah haji maupun umrah.

Menjawab tantangan diatas, AMPlified Digital Media Production, selaku developer handal telah membuat sebuah aplikasi praktis dan mudah untuk memandu bagi para jamaah ibadah haji dan umrah, sebuah aplikasi yang cocok untuk semua smartphone, baik berbasis android ataupun iOs. 

LABBAIK, aplikasi panduan haji dan umrah yang praktis nan mudah ini memiliki fitur-fitur penting yang sangat lengkap, diantaranya:

1. KUMPULAN DOA HAJI DAN UMRAH YANG LENGKAP

Dalam aplikasi Labbaik ini kita akan menemukan berbagai macam doa-doa dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah secara lengkap, baik doa-doa yang maktsur dari hadist-hadist nabawi, al quran maupun doa-doa umum yang baik dan pantas untuk dibaca. Doa-doa tersebut meliputi doa selama kita memulai tawaf dari putaran pertama sampai putaran ketujuh, doa sa’I dari putaran pertama sampai putaran ketujuh dan seluruh doa-doa yang dikhususkan bagi para jama’ah haji selama mereka melaksanakan ibadah baik di Arafah, Muzdalifah, Mina hingga mereka selesai melaksanakan seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji.

2. KUMPULAN DOA PENDAMPING LENGKAP

Doa-doa pendamping yang dimaksud adalah doa-doa diluar pelaksanaan ibadah haji maupun umrah.
Jadi aplikasi labbaik ini bukan hanya memandu para jamaah disaat melaksanakan haji dan umrah saja, namun dengan aplikasi ini, para jamaah akan dipandu sejak keluar dari rumah, dalam perjalanan naik kendaraan, saat berziarah ke Kota Nabi (Madinah), atau mungkin bagi mereka yang melaksanakan umrah plus, maka akan didapatkan pula doa-doa selama ziarah ke masjid Aqsa, sampai jama’ah tersebut kembali ke kampong halamannya masing-masing. Luar biasa..

3. PANDUAN NAVIGASI AUDIO YANG BAIK


Nilai lebihnya lagi dari aplikasi labbaik ini adalah tersematnya navigasi audio yang sangat baik nan indah disetiap doa-doa yang dibaca. 
Pihak AMPlified selaku developer labbaik telah menyematkan audio yang akan menuntun sekaligus memandu bacaan bagi para jamaah, sehingga jama’ah yang menggunakan aplikasi ini serasa memiliki pemandu pribadi yang dapat memandunya dengan perlahan, fasih dan mudah untuk diikuti. Suara pemandupun bisa diatur dengan mudah untuk dipercepat ataupun diperlambat dalam bacaannya.
Audio yang disematkan dalam labbaik ini bukan hanya doa dalam bahasa arab saja, namun fitur audio ini juga telah menyematkan arti bacaan dari seluruh doa dengan menggunakan terjemahan berbahasa Indonesia dan inggris. 
Tentunya dengan fitur ini, jama’ah tidak perlu lagi membuka halaman buku ataupun mendengarkan suara dari ketua rombongan, namun cukup mendengarkan seraya melantunkan secara perlahan menggunakan headset/earphone yang terpasang di smartphone.

4. MODE DOA YANG INSTAN DAN SIMPLE

Fitur lain yang akan ditemukan dalam aplikasi ini adalah kumpulan doa dengan mode instan dan simpel. Jama’ah bisa langsung memilih doa-doa utama melalui gambar yang telah tersedia sesuai dengan kebutuhan selama ibadah haji ataupun umrah.
Secara ringkasnya, dengan mode simpel ini jama’ah tidak perlu membuka keseluruhan doa, tapi cukup menekan tombol bergambar dan secara otomatis akan mendengarkan langsung bacaan doa sesuai gambar yang dimaksud.




5. CATATAN DOA PRIBADI

Fitur penting lainnya yang terdapat dalam aplikasi labbaik ini adalah catatan doa pribadi. Dimana jama’ah bisa menulis dan mencatat berbagai macam keperluan doa-doa dari kerabat ataupun keluarga yang menitipkan doa kepada jama’ah. 
Dengan fitur ini, maka jama’ah dengan sangat mudah bisa menulis, menghapus dan membuat catatan khusus selama perjalanan menuju Baitullah.


6. TAMPILAN YANG EKSLUSIF DAN NYAMAN

Aplikasi labbaik ini memiliki tampilan yang nyaman sekaligus ekslusif, mudah untuk dioperasikan dan dijalankan untuk anak muda ataupun mereka yang telah lanjut usia. Pemilihan warna yang ramah dan terkesan sangat elegan dan tidak menyilaukan mata. Begitu juga dengan tulisan doa dan terjemah dengan fitur zoom in and out (perbesar dan perkecil tulisan) yang bisa diatur sesuai kebutuhan jama’ah.

7. FITUR PENTING LAINNYA

Selain fitur-fitur utama yang telah disebutkan diatas, aplikasi ini juga memiliki fitur penting lainnya, seperti tampilan yang bisa kita atur menjadi malam (night mode) ataupun tampilan siang (day light). Begitu juga tampilan tulisan yang bisa kita atur sedemikian rupa, jama’ah bisa mengatur tampilan tulisan arab dan terjemahan saja ataupun sebaliknya. Dan terdapat juga fitur bantuan yang akan membantu bagi jama’ah yang masih awam dalam mengoperasikan aplikasi yang sangat praktis dan mudah ini.



RINGKASAN SECARA UMUM.

Aplikasi labbaik ini adalah aplikasi yang bertujuan untuk membantu dan memudahkan bagi para jama’ah haji karena memiliki peran multifungsi layaknya kombinasi antara buku panduan doa, suara pemandu haji (muthawwif) serta electronic guide. 

Jadi aplikasi ini sangat KAMI REKOMENDASIKAN untuk segera ANDA MILIKI. Khususnya anda yang saat ini memiliki smartphone, maka sangat rugi jika tidak segera mengunduhnya. 

APALAGI aplikasi ini masih FREE APP PURCHASE sampai tanggal 30 September 2015.
Tertarik untuk mendapatkan secara GRATIS?


"Pemandu Haji dan Umroh dalam Genggaman"

Review apk LABBAIK by :
Ust Abu Zavier al Mujaddid (Dewan Pembina www.solusiislam.com)
 
Top