Solusi menghadapi atasan atau senior yang galak

Pertanyaan
Assalamualaikum,,
Saya mempunyai teman dia bekerja di sebuah perusahaan produksi baterai. sebut saja Dinda, dinda mempunyai teman kerja yang bernama riska, dinda itu anak baru, dan riska sudah lama bekerja disana, karena merasa senior dia selalu semena - mena terhadap dinda dalam mnyelesaikan tugas, menyalahkan dinda kalo kerjaan riska salah , cari muka ke atasan, hampir 1 bulan bekerja tapi dinda sudah merasa tidak betah karena riska,
bagaimana solusinya?

Vebry*****@yahoo.com



Jawaban:
Saudariku yang dirahmati Allah..

Allah SWT menganjurkan kepada kita semua untuk senantiasa sabar dalam menghadapi segala ujian dan cobaan, sebab hal tersebut akan mendatangkan kebaikan kepada kita. dan dalam bermuamalah sesama manusia tentu kita akan dihadapkan dengan berbagai hal yang kadang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Seperti halnya yang telah dirasa oleh teman anda saat ini.

Baca tentang keunikan seorang muslim disaat dia mendapat musibah:

Mungkin banyak diantara kita yang mengeluh disaat kita dipertemukan dengan orang yang tidak senang dengan kita, banyak yang merasa tidak betah untuk terus bekerja sama dengan orang-orang seperti itu. Dan pada akhirnya memilih untuk keluar dan mencari pekerjaan atau lingkungan baru agar bebas dari tekanan dan lain sebagainya.

Dalam situasi seperti ini, kita selayaknya bisa berfikir positif agar kita tidak menyesal dikemudian hari nanti. Dan berikut ada beberapa tips dan solusi agar kita senantiasa tabah dan sabar menjalani semuanya:

1. Memohon bantuan kepada Allah.

Hal yang paling penting disaat kita menemukan kegelisahan dan tekanan hati, maka kita kembalikan semuanya kepada Allah SWT, mintalah pertolongan kepadaNya dengan sabar dan shalat. Yakinlah bahwa semua yang telah Allah tetapkan akan selalu ada hikmah didalamnya. Senantiasalah untuk terus memohon dan berdzikir kepadanya dan jangan sampai kita terpedaya oleh tipu daya syaitan.

Dan dalam Al Quran Allah telah mengajarkan kepada kita doa-doa disaat kesabaran kita sedang diuji. Dan diantara doa tersebut adalah:

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ
Wahai Tuhan kami! Limpahkanlah sabar kepada kami, dan teguhkanlah tapak pendirian kami serta menangkanlah kami terhadap kaum yang kafir" (Al-Baqarah : 250)

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ
Wahai Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, dan matikanlah kami dalam keadaan Islam (berserah bulat-bulat kepadaMu)" (Al-A'raf : 126)

2. Inisiatif dan Proaktif

Lakukan semua pekerjaan yang diinginkan oleh senior atau atasan dengan baik. Dan tunjukan kalau kita profesional dalam melakukan pekerjaan ini. Senantiasa berinisiatif dalam melakukan semua pekerjaan sehingga atasan tersebut simpatik kepada kita.

3. Tenang & Bijak

Bersikap tenang dan bijak akan mampu menyelesaikan segala permasalahan dengan mudah. Dan disaat tekanan semakin berat, angan sampai kita terpancing emosi. Tetapi Lakukanlah pendekatan yang baik dan terstruktur untuk membuat atasan tidak menjadi galak kalau sedang bersama kita.

4. Hindari konflik

Konflik adalah musuh berbahaya yang bisa mematikan suatu hubungan, termasuk dalam kehidupan professional. Jadi jangan pernah menciptakan konflik dalam lingkungan kerja apalagi konflik tersebut terjadi oleh atasan atau senior kita.

Demikianlah beberapa solusi yang dapat kita lakukan disaat kita sedang mendapat tekanan oleh senior. Yakinlah pasti selalu ada sisi positifnya dari sikap yang selama ini kita benci atau tidak kita sukai.

Namun semuanya itu kembali kepada diri pribadi masing-masing, jika memang tekanan yang dirasa semakin berat, dan memang kita sudah tidak mampu untuk menahannya, pilihan untuk mencari suasana baru dalam bekerja mungkin lebih baik. Wallahu a’lam bish showab.

Dijawab oleh: Ust. Abu Syauqie Al Mujaddid (Pembina Solusi Islam)

Post a Comment Disqus Blogger

  1. Terimakasih, sangat bermanfaat. Saya juga merasakan hal yang sama, sekarang baru bekerja 3bln tapi sangat tertekan batin terhadap Leader dan para senior. Rasanya mau resign, namun saya akan mencoba solusi dari artikel ini. Semoga saya bisa lebih sabar dan bisa tetap bertahan.

    ReplyDelete

Maklumat:

1. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bisa memberi manfaat

2. Silahkan baca artikel dan beri komentar dengan bahasa dan tutur kata yang baik

3. Semoga slalu dalam karunia Allah SWT

 
Top