Di artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang bagaimana kiat atau trick jitu agar mudah menghafal Al Quran. Bagi yang belum sempat membacanya, silahkan buka: Kiat menghafal Al Quran.


Setelah kita mengetahui beberapa kaidah dasar untuk menghafal Al-Quran dan ataupun hafalan-hafalan lainnya, maka sudah sepantasnya bagi kita untuk mengetahui beberapa hal yang menghalangi dan menyulitkan hafalan agar kita dapat waspada dari penghalang-penghalang tersebut. Di antaranya:
1. Jauhkan diri dari dosa dan maksiat.
Ada sebuah syair yang mengatakan: "ilmu itu bagaikan cahaya, dan cahaya (ilmu) Allah itu tidak akan bagi orang-orang yang berbuat maksiat". Jadi oleh karenanya, sesungguhnya dosa dan maksiat akan melupakan hamba terhadap Al-Quran dan terhadap dirinya sendiri. Hatinya akan buta dari dzikrullah.
Mari kita bersama-sama berusaha untuk selalu menjaga diri kita dari perbuatan-perbuatan dan juga amalan-amalan yang dimurkai oleh Allah SWT. 
2. Upayakan untuk menjaga hafalan dan mengulangnya secara terus-menerus. 
Salah satu kesalahannya antara lain yaiut tidak mau memperdengarkan (meminta orang lain untuk menyimak) dari apa-apa yang dihafal dari Al-Quran kepada orang lain. Padahal yang demikian itu sangat membantunya untuk menjaga hafalannya. atau bisa juga dengan memperdengarkan hafalannya dari mp3 atau radio yang menyiarkan al Quran.

3. Kurangi perhatian yang berlebihan terhadap urusan dunia 
Perhatian yang berlebih ini akan menjadikan hatinya tergantung dengannya dan selanjutnya tidak mampu untuk menghafal dengan mudah.

4. Jangan berambisi menghafal ayat-ayat yang banyak dalam waktu yang singkat dan pindah ke hafalan lain sebelum kokohnya hafalan yang lama.

Kita mohon pada Allah Subhanahu wa Ta`ala semoga Dia mengkaruniakan dan memudahkan kita untuk menghafal kitab-Nya, mengamalkannya serta dapat membacanya di tengah malam dan di tepi siang. Wallahu alam bishawwab.
Beberapa poin diambil dari kutaib: “Kaifa Tataatstsar bil Quran wa Kaifa Tahfadzuhu?”
sumber: http://www.solusiislam.com/2013/01/tips-agar-hafalan-tidak-mudah-hilang.html

---------------------------------
Ditulis oleh Ustadz Abu Syauqie al Mujaddid (Dewan Pembina Solusi Islam)
Bagi yang ingin bertanya silahkan klik disini 
Artikel : www.solusiislam.com
------------------------------------

Post a Comment Disqus Blogger

Maklumat:

1. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bisa memberi manfaat

2. Silahkan baca artikel dan beri komentar dengan bahasa dan tutur kata yang baik

3. Semoga slalu dalam karunia Allah SWT

 
Top